8 Tips Memulai Bisnis Tatkala Menghadapi New Teratur

tips memulai bisnis

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan usaha dan merek Anda. Untuk mendaftarkan hak cipta merek, Anda bisa melakukannya di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. “Pastikan dengan benar bahwa Anda tidak melanggar hak cipta orang lain dan daftarkan hak cipta merek Anda sebelum melakukan langkah yang mahal, ” terang dia. Para pakar pun menemukan bahwa kini kian banyak generasi muda, baik milenial maupun Gen Z, yang memilih punya bisnis sendiri.

tips memulai bisnis

Berkenalan dengan pengusaha lain di bidang yang sama atau berbeda. Bisnis sudah berjalan beberapa hari, minggu, atau bulan, lakukan evaluasi. Apabila ternyata masih kurang modal, sementara biaya operasionam maupun non-operasional sudah tidak bisa dipangkas, kamu dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman dari bank.

Jika ingin merekrut tenaga kerja, hitung pula modal untuk gaji karyawan. Tak ketinggalan, biaya listrik, telepon, air, sewa tempat, dan biaya operasional lain. Bekerja di bidang yang kamu tidak suka, pasti isinya mengeluh terus. “Memang tampak jelas, namun mengelola kehadiran online dapat membuat perusahaan baru salah langkah, ” ungkap Darain Faraz, pakar karier di LinkedIn. “Ketika Anda menyusun rencana bisnis, luangkan waktu sesuai yang telah Anda antisipasi dan lipatgandakan. Ini akan memberikan Anda cukup waktu untuk mengerjakan semuanya, tanpa mengganggu lini masa atau tanggal peluncuran yang telah Anda tetapkan, ” jelas Williams.

Kalau punya koneksi yang jumlah dan luas, awak dapat memanfaatkannya buat kepentingan bisnis. Dengan mengikuti seminar bisnis ini, kamu juga akan memperluas jaringan.

LONDON, KOMPAS. com – Saat ini, semakin banyak generasi muda yang lebih memilih menjalankan usahanya sendiri ketimbang bekerja di sebuah perusahaan. Persiapkan diri untuk menyebarluaskan dengan memasarkan usaha kamu.

This entry was posted in usaha sampingan menguntungkan. Bookmark the permalink.